Cara Pasang Iklan

paytren

Cara Daftar Paytren

Ads

Wisata Kota Subang Jawa Barat

Rangga Inn Restaurant

Kota Subang menjadi salah satu ikon penting dalam sejarah penjajahan Belanda di Indonesia, karena memiliki sebuah cerita unik yang ada di dalamnya. Antara lain yang tersimpan disebuah Museum yang terletak di tengah – tengah Kota Subang yang bernama Museum Wisma Karya Subang. Museum tersebut juga bisa dijadikan sebagai objek wisata di kabupaten subang untuk menguak masalatu tentang Kota tersebut.

Ada banyak wisata kota Subang Jawa Barat yang dapat kita kunjungi seperti Air Terjun, Pemandian Air Panas, Penangkaran Buayawisata laut subang dan sebagainya. Namun anda juga harus mangunjungi Museum yang ada di Subang agar membuka wawasan anda untuk mengenali lebih dekat dengan kota ini.

            Ada 3 Museum yang terletak di Subang, yang 1 diantaranya terletak pada pusat kota Subang, dan 2 tempat lainnya terletak di kawasan Kalijati Subang. Museum yang ada di Pusat Kota Subang yaitu Museum Wisma Karya Subang seperti yang telah dikatakan di atas, dan yang terletak di Kalijati Subang adalah Museum Amerta Dirgantara Mandala dan Museum Rumah Sejarah. Ketiganya menceritakan tentang Kota Subang pada masa silam. Museum - museum di atas bisa anda jadikan tujuan wisata di Subang.



http://picasion.com/

Museum Wisma Karya Subang
Gedung Wisma Karya
Gedung Wisma Karya

       Museum yang terletak di pusat Kota Subang ini memang menjadi ikon pertama di Kota Subang karena museum ini menceritakan tentang sejarah Subang pada masa pemerintahan Hindi Belanda yang saat itu berkembang di Subang. Salah satunya adalah PW Hofland, yang berasal dari Belanda dan menduduki pemerintahan Subang pada waktu itu. PW Hofland dikenal sebagai Saudagar kopi yang dulu dinamakan P & T Lands pada tahun 1858. Selain PW Hofland, ada juga yang terpamapang jelas di Museum Wisama Karya Subang yaitu Foto Bupati Pertama Kabupaten Subang Danta Ganda Wikarma yang menjabat dari tanggal 5 April 1948. Ada juga yang dapat kita temui di dalam Museum Wisma karya Subang seperti fosil hewan dan kayu zaman purba, berbagai jenis kapak, seperti kapak sepatu, kapak corong dan candrasa yang ditemukan di daerah Binong, bejana yang biasa digunakan untuk upacara penyembahan nenek moyang, beragam keramik dari China dan Thailand, patung nandi (lembu) yang menjadi alat untuk penyebaran agama hindu di Subang, dan masih banyak yang lainnya yang ada pada museum tersebut.

Tugu Wisma Karya Subang
Tugu Wisma Karya Subang

Tugu Wisma Karya Subang
Tugu Wisma Karya Subang



Museum Rumah Sejarah
Rumah Sejarah Subang
Rumah Sejarah Subang

       Museum ini menceritakan Sejarah berakhirnya Masa penjajahan Belanda di Indonesia pada tanggal 8 Maret 1942, mengapa seperti itu? Karena di rumah inilah Belanda menyerahkan kekuasaanya pada Jepang yang baru mendarat beberapa hari di Pulau Jawa. Kejadian yang hanya berlangsung kurang lebih sepuluh menit itu sangat jelas terekam di Rumah kecil yang berada di Kompleks Garuda E25 Lanud Suryadarma, Desa Kalijati Barat, Kecamatan Kalijati, Jawa Barat. Hal tersebut menjadi pertanda beralihnya masa penjajahan Belanda selama 350 tahun di Indonesia. Di dalam rumah  berukuran 10 x 10 meter ini terdapat sebuah meja kayu dengan alas kotak-kotak hitam putih dengan delapan kursi kuno yang dahulu menjadi tempat perundingan, dan tempat ini semacam ruang tamu. Pada bagian kiri ruang tamu ada sebuah ruangan yang memajang foto – foto yang menceritakan tentang perundingan penyerahan kekuasaan yang dilakukan Belanda kepada Jepang. Pada gambar tersebut terlampir deskripsi keterangan tentang kronologis kejadian tersebut. Dan, di sudut lain museum ini terdapat ruang pameran sejarah perkembangan Sekolah Penerbangan di Indonesia dari awal hingga sekarang, yaitu berupa foto-foto dan benda-benda bernilai sejarah peninggalan Sekolah Penerbangan yang disusun secara sistematis. Museum ini tentunya mengantarkan kita pada sejarah kota Subang pada masa silam.

Museum Amerta Dirgantara Mandala

museum amerta dirgantara mandala subang
museum amerta dirgantara mandala subang

Pada Museum ini dahulu menjadi hangar utama bagi pesawat tempur belanda. Gedung ini deiresmikan sebagai museum oleh Marsekal TNI Ashadi Tjahyadi pada tanggal 10 April 1982. Yang di dalamnya tersimpan beberapa koleksi pesawat kuno yang pada waktu itu digunakan oleh Belanda sebagai alat untuk berperang. Gedung yang memiliki umur sekitar 1 abad ini menjadi ikon penting di Subang sebagai sarana wawasan yang menarik untuk mengetahui sejarah kota Subang.

           

            Demikian mengenai wisata kota Subang Jawa Barat yang tentunya akan membuka wawasan kita tentang sejarah dimasa lampau Negara Indonesia. Jangan lupa pos komentar, kritik dan saran anda pada kolom komentar. Semoga artikel diatas bermanfaat bagi anda.

0 Response to "Wisata Kota Subang Jawa Barat"

Posting Komentar